SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM BIDANG PENDIDIKAN
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Sistem Informasi Manajemen.
SIM
akan menolong perusahaan-perusahaan dalam mengintegrasikan data, mempercepat
dan mengestimatisasi pengolahan data,
meningkatkan kualitas informasi dan kontrol manajemen, mendorong terciptanya produk-produk baru, meningkatkan layanan
dan kontrol, mengotomatisasi sebagian pekerjaan rutin,
dan menyederhanakan alur kerja. Pendek kata, SIM beserta perkembangan teknologi pendukungnya akan memicu
transformasi besar dalam bidang bisnis dan manajemen.
Sebelum mempelajari sistem informasi manajemen dalam bidang pendidikan kita harus terlebih dahulu mempelajari apa itu sistem informasi manajemen,fungsinya serta contoh contohnya.
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
SIM bukan merupakan hal baru. Ruang lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu “sistem”, “informasi”, dan “manajemen”. Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal, seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia; serta pihak eksternal seperti supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha.Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada.Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari ruang lingkup di atas, beberapa ahli telah memberikan rumusan tentang sistem informasi manajemen, antara lain :
1. SIM adalah pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989)
2. SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)
3. SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)
Dari definisi-definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan, bahwa SIM adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.
Sistem informasi dalam bidang pendidikan.
Pengertian SIM dalam bidang pendidikan.
Manajemen Sistem Informasi Pendidikan (MSIP) adalah sistem yang didisain untuk kebutuhan manajemen dalam upaya mendukung fungsi-fungsi dan aktivitas manajemen pada suatu organisasi pendidikan. Maksud dilaksanakannya MSIP adalah sebagai pendukung kegiatan fungsi manajemen ; planning, organizing, staffing, directing, evaluating, coordinating, dan budgeting dalam rangka menunjang tercapainya sasaran dan tujuan fungsi-fungsi operasional dalam organisasi pendidikan.
Memperhatikan hal diatas maka saya dapat mengambil kesimpulan bahwa Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (informasi berbasis Web) merupakan sarana untuk memperkenalkan kepada siswa/mahasiswa, dosen dan karyawan teknologi berbasis web, menggunakan serta mendapatkan layanan berbasis web. Dengan penggunaan sistem informasi manajemen pendidikan berbasis web diharapkan dapat menunjang pelaksanaan dan keberhasilan studi mahasiswa, serta pengembangan diri guru/dosen maupun karyawan.
Sistem Informasi Manajemen dibidang Pendidikan
Sistem informasi manajemen pendidikan adalah sistem yang didesain untuk kebutuhan manajemen dalam upaya mendukung fungsi-fungsi dan aktifitas manajemen pada suatu organisasi. maksud untuk dilaksanakannya adalah sebagai pendukung kegiatan fungsi manajemen seperti perencanaa (planning), pengorganisasian (organizing), mengkoreksi (directing), mengawasi (evaluating), pengendalian (coordinating), menggerakan, dan budgeting dalam rangka menunjang tercapai sasaran dan tujuan fungsi-fungsi operasional dalam organisasi pendidikan. Sedangkan menurut penulis system informasi manajemen pendidikan adalah sebuah alat atau sarana pelayanan informasi baik komunikasi, kinerja, dan efektivitas kerja tim dalam perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan yang terangkai pada sebuah jaringan yang saling terhubung dan bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan dari lembaga pendidikan.
Jenis system informasi manajemen pendidikan
System informasi manajemen ada 3 jenis system yang ditwarkan bagi lembaga pendidikan untuk implementasikan ios(inter organization system) yaitu:
1.Intranet, jaringan internal lembaga pendidikan yang menghubungkan antara kantor cabang yang terpisah geografis baik lokasi maupun regional.
2.Internet, jaringan komputer publik yang berpotensi sebagai penghubung lembaga pendidikan dengan para pengguna program pendidikan/calon siswa/mahasiswa.
3.Ekstranet, jaringan yang di bangun sebagai alat komunikasi antar lembaga pendidikan dan lembaga pendukungnya seperti departemen pendidikan,masyarakat,pemerintah dan dunia usaha. .
Lembaga pendidikan yang tertarik untuk melakukan ios yang merupakan strategi dari unsure-unsur yang di kaitkan dalam transmisi data elektronik. Ios adalah set peluang investasi yang berfungsi sebagai predictor pertumbuhan perusahaan/lembaga pendidikan, sering juga disebut pertukaran data elektronik.
Cakupan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
1.Koneksi dan setting, Identitas sekolah, setting tahun ajaran, seting kurikulum, koneksi database, dan format tanggal.
2.Pengelolaan Kesiswaan, Pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus kedisiplinan, data kesehatan, data periksa, prestasi, perpindahan (mutasi) siswa, sampai pengelolaan data alumni.
3.Pengelolaan Akademik, Laporan nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik.
4.Pengelolaan Guru dan Karyawan, Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga, riwayat pendidikan, pendidikan tambahan(kursus, training, seminar, workshop dsb).
5.Pengelolaan Keuangan, Manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya praktikum, biaya ekstra, dll.
6.Pengelolaan Perpustakaan, Pengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi), status keanggotaan dan peminjam, stock inventory, Jurnal keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan rekap pengembalian.
7.Pelaporan, Pelaporan siswa (induk siwa, kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa, kasus, dan bimbingan) per siswa, per kelas dan seluruh siswa, pelaporan guru/pegawai (induk pegawai, bidang pengajaran), rencana pengajaran, nilai, kelulusan, statistik dan laporan ke DEPDIKNAS (data sekolah, siswa dan guru)
8.Bank Soal, Pengolahan data bank soal, penyimpanan soal,pencarian dan pencetakan.
Tujuan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
1.Membantu seluruh bagian yang berperan di dunia pendidikan dengan memberikan
2.informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
3.sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
4.Memberikan sarana agar seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan.
5.Pertanggungjawaban publik yaitu dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan pemakaian sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
6.Meningkatkan pengetahuan guru dan murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat diambil melalui beberapa pelatihan.
7.Memberikan akses informasi yang mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu pengetahuan dan informasi pendidikan lainnya.
Keuntungan yang diperoleh sekolah, yaitu :
1.Dapat memantau perkembangan pendidikan siswa secara akurat.
2.Dapat meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan kepada masyarakat secara akurat.
3.Dapat menyimpan database sekolah mulai dari data siswa,guru serta karyawan yang terdiri dari data akademik, sistem kurikulum, administrasi, aset sekolah dll.
4.Memudahkan pekerjaan sekolah tersebut dalam segala aspek mulai dari BK, TU dan lain -lain.
Karakteristik, Cara Kerja, dan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen
Sistem Management Informasi memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:
ü
Beroperasi pada tugas-tugas terstruktur.
ü Menyediakan laporan.
ü Fokus pada event-event internal .
Contoh Aplikasi Sistem Informasi Manajemen:
o
Sistem Informasi Registrasi dan Pembayaran Kuliah
Sistem ini dibangun untuk melakukan pencatatan dan menyajikan informasi- informasi yang berkaitan dengan pengambilan jumlah mata kuliah
dan sistem kredit semester
yang dilakukan oleh para mahasiswa. Sistem ini juga dapat menghitung berapa banyak mahasiswa
yang melakukan registrasi, mencetak daftar nilai
dan presensi, serta memberikan informasi tentang pengajar mana yang disukai, konsentrasi apa yang paling
diminati. Titik kritis dari sistem ini terletak
pada pemodelan database, dimana satu mahasiswa dapat mengambil banyak matakuliah, satu matakuliah dapat
diambil oleh banyak mahasiswa, satu dosen dapat mengajar beberapa
kelas dan beberapa
matakuliah. Selain itu, faktor kontrol
yang sangat penting
adalah tentang matakuliah dan nilai prasyarat
yang harus dipenuhi
oleh mahasiswa agar dapat mengambil matakuliah yang dipilihnya.
o
Sistem Informasi Perpustakaan
Sistem ini sebenarnya tidak begitu rumit, hanya saja jumlah data yang dimasukkan sangat besar. Bisa jadi sebuah
perpustakaan memiliki 100.000 judul buku.
Sementara itu, kerumitan dalam pemodelan databasenya terjadi ketika harus melakukan pencatatan terhadap satu judul buku dengan banyak eksemplar, satu judul buku tetapi berbeda
jilid dan satu judul buku berbeda edisi. Di samping banyaknya field
pencatatan untuk sebuah buku, SI juga harus mampu menyediakan informasi tentang ringkasan
atau abstraksi dari buku tersebut. Titik kritis dalam melakukan
kontrol dalam SI ini adalah pada saat peminjaman. Bagaimana
mengetahui eksemplar ke berapa
dari sebuah judul buku yang
dipinjamnya? Berapa eksemplar sisanya yang masih tersedia untuk pengunjung lainnya.
Nama:Muhmmad Suryansyah
Nim: 2022060174
0 Response to "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM BIDANG PENDIDIKAN "
Posting Komentar